Minggu, 07 Februari 2010

Tips Keren: Mengerem Kebiasaan Belanja

Belanja atawa shopping emang mengasyikan,apalagi kalo lagi punya duit. Tiap liat barang bagus,kocek mengalir deras dari dompet. Nah,truz gimana dong biar kalo kita belanja bisa lebih hemat dan cermat.terlebih bisa mengerem kebiasaan belanja kita en mengusir jauh-jauh yang namany virus sophaholic?
Begini nih tipsnya:
  • Tanamkan pola hidup sederhana.Kita realistislah! Adanya apa eh,apa adanya!Ga usah berangan-angan yang berlebihan soal kepemilikan harta. kalo kita punya seribu,ngapain maksain beli yang lima ribu,ya ga?
  • Hargai jerih payah ortu.Mbak-mbak,jeng,inget yari duit tuh susah! Kerasa kali ama kamu-kamu yang emang udah kerja atawa udah pernah mengalami rasanya nyari duit sendiri (selain minta ke ortu tentunya). Ingat-ingat ortu kita nyari duit tu sampai banting tulang memeras keringat eh,hasilnya malah kita belanjain seenak udel. Ckckckc...
  • Jangan terlalu sering jalan-jalan ke pusat perbelanjaan.Nah...yang ini jelas aja tekor. Gimana ga,barang-barang yang di pajang di etalase kan emang sengaja dipajang buat di beli bukan cuma diliatin,jelas aja kamu kepingin beli.
  • Kalo emang mesti belanja ke mall,mending catet keperluan kamu,and bawa uang seperlunya. Biar ga tergoda sama barang bagus yang bukan prioritas kita. Dengan begitu kita ga akan tergiur untuk beli,lha wong duitnya aja pas! Hehe...
  • Bikin skala prioritas. Nah,yang ini kita mesti rada cerdas dikit. (hehe,dikit aja ga usah banyak-banyak kalo emang ga mampu). Kita buat urutan daftar kebutuhan dari yang mendesak hingga yang ga mendesak (yang cuma pengen kita beli tapi sebetulnya ga penting-penting amet). Dengan begitu kita bisa utamain beli yang paling atas,berurutan dech sampai yang paling bawah.
  • Study banding,perlu juga lho. study banding kecil-kecilan ii ya untuk ngebandingin kualitas barang-barang dan harganya.
  • Ga pelu mengunjungi setiap toko door to door cuma buat survey,cukup kita cari info dari temen misalkan. Biar kita bisa pilih tempat belanja yag kualitas barangnya bagus tapi harganya lebih terjangkau.
  • Konsisten. Yuph! Kamu mesti konsisten dengan tips-tips yang udah kamu baca di atas. Soalnya terkadang,kita kalo mau mengubah kebiasaan jelek suka ga konsisten. Paling-paling kebiasaan baru itu cuma bertahan hitungan hari ato minggu,kesananya...back to old habits! Selain itu kamu-kamu juga jangan mudah tergoda sama diskon en sama yang namanya iklan. Soalnya si iklan ini emang dibikin semenarik mungkin biar kita-kita terjerat! Oh...no! Wah,ternyata buat belanja aja kita mesti cerdas en teguh pendirian ya? Nah,guys selamat mencoba. Good Luck deh!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar